Rabu, 19 Juni 2013

Daftar Mobil LGCC

Tentunya yang paling siap dan sudah dipamerkan lebih dulu pada akhir tahun lalu, adalah Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Si kembar yang mengusung mesin 1000cc ini diklaim memiliki konsumsi BBM di atas 20 km per liter.

Bahkan, dalam sebuah tes yang dilakukan para jurnalis termasuk VIVAnews, konsumsi BBM Ayla tembus 27,1 km per liter. Adapun calon mobil murah lainnya yang masuk kriteria adalah Nissan (Datsun), Tata Motors (Tata Nano), Suzuki (Wagon-R atau Alto), dan Honda (menggunakan platfom Brio).

Berikut spefisikasi lengkap dari masing-masing mobil murah:


Quote:TOYOTA AGYA



Mobil ini bakal hadir dalam 3 jenis, yaitu TRD-S, High-Grade (G) dan Medium-Grade (E). Varian TRD-S akan dilengkapi dengan aerokit depan, belakang, samping, emblem dan sticker TRD-S.
Untuk tipe G akan hadir dengan desain eksterior yang dilengkapi dengan grill radiator dan molding pelindung samping. Kedua tipe ini juga akan dilengkapi dengan fitur krom, AC register, 2 Din Audio CD, MP3, USB, Aux, chrome parking brake knob, dan sistem power steering.
TRD S dan High Grade (G) akan menonjolkan spoiler belakang dengan desain sporty, elektrik outer mirror, desain krom door outside handle dan side protective moulding, 6 spokke alloy wheel 175/65 R14, headlamp, serta foglamp dengan aksesoris krom.
Adapun untuk yang tipe terendah E, terpasang speedometer dan 1 Din Audio CD, MP3, USB, dan Aux.
Dari tampilan interior, Agya memiliki kabin lapang, dilengkapi pendingin udara, power window, central doorlock, serta kursi berbahan fabric dilengkapi headrest dan sabuk pengaman di kedua baris kursinya.
Sedangkan eksteriornya dilengkapi lampu belakang dengan kombinasi desain dan bumper unik, dan front air spats untuk membantu meningkatkan efisiensi aerodinamis serta bahan bakar.
Untuk jantung pacu, Agya menggendong mesin berkapasitas 1000 cc 3 silinder sejajar, 12 valve, DOHC, yang mampu menghasilkan tenaga 46 kW pada 6.000 rpm dengan torsi 86 Nm pada 3.600 rpm. Mengenai harga, Agya dibanderol Rp80-110 jutaan.


Quote:DAIHATSU AYLA



Secara keseluruhan tampilan kembaran Toyota Agya ini tidak terlalu jauh berbeda. Daihatsu Ayla memiliki tiga varian, tipe D (terendah), M, dan X (tertinggi).
Pada tipe D, tidak disematkan CD player, velg alloy, AC, airbag dan spion elektrik. Rencananya tipe ini akan dibanderol sekitar Rp75 jutaan.
Untuk tipe M dan X telah dilengkapi transmisi manual dan otomatis. Yang pasti kedua tipe ini akan ada beberapa perbedaan, karena harga tipe M diperkirakan sekitar Rp80-90 juta, sedangkan tipe X sekitar Rp88-100 juta.


Quote:DATSUN



Nissan Motor Indonesia memastikan akan ikut program LCGC dengan membangkitkan kembali Datsun. Model pertama mereka adalah hatchback lima pintu (K2).
Dari segi kapasitas mesin, mobil ini bakal berbeda dengan Agya-Ayla, Datsun K2 akan didukung mesin 1.2 liter bensin 3-silinder--menggunakan platform dan mesin dengan Nissan Micra atau March.
Sedangkan untuk efisiensi bahan bakar, Datsun mengklaim menjadi yang terbaik di kelas hatchback di atas 20 km/liter.
Mengenai harga, mobil murah Datsun rencananya dijual sekitar 400.000 rupee (Rp75 juta). Calon konsumen mobil Datsun merupakan masyarakat yang ingin beralih dari sepeda motor ke mobil.
Datsun memperkirakan konsumen itu memiliki penghasilan sekitar 30.000 rupee atau setara Rp5,4 juta per bulan. Mobil ini akan mendebut 15 Juli 2013, di New Delhi, India. Untuk Indonesia, rencananya akan dipamerkan pada IIMS 2013, September mendatang.

Ini Ada Tambahan Dari Agan WARAKARUTA

Spoilerfor datsun

Quote:Original Posted By WARAKARUTA 
sdikit info yang ane baca dari komps gan

Spoilerfor kompas
Jepang, KompasOtomotif — Dalam program peluncuran kembali merek Datsun, Nissan akan mengembangkan 6 model sekaligus. Mobil tersebut ditujukan buat pengemudi di negara-negara berkembang, seperti India, Rusia, dan Indonesia. Harganya, menurut bocoran dari Wall Street Journal, antara 3.000 sampai 5.000 dollar AS atau setara dengan Rp 28,9 juta sampai Rp 48 juta.

Berarti, rekor Tata Nano sebagai mobil termurah di dunia akan terlibas oleh Datsun. Harga tersebut, katanya, hanya berlaku di India dan China. Kenapa Indonesia tidak disebutkan?

Hal ini mungkin berkaitan dengan strategi Nissan dalam memproduksi mobilnya. Produsen mobil Jepang itu menerapkan ketentuan (untuk sementara), di mana semua sumber yang berkaitan dengan produksi Datsun berasal dari negara pembuat dan dijualnya.

Langkah ini ditempuh Nissan dalam rangka penghematan biaya produksi. Tak cuma itu. Nissan juga tidak menerapkan standar keamanan yang ketat terhadap model yang diproduksi demi mendapatkan harga yang murah.

"Kalau mobil ini dibawa ke Amerika, harganya tidak akan menjadi 3.000 dollar AS," tegas CEO Nissan Carlos Ghosn dalam wawancara dengan Wall Street Journal. Ia mengatakan bahwa Datsun di masa mendatang akan modern dan menarik banyak pembeli. Datsun, kata Ghosn, dijadikan senjata "akselerator pertumbuhan" Nissan untuk bisa meraih 8 persen pangsa pasar dunia pada 2016.





Quote:TATA NANO



Tata Motors Indonesia memang belum mengumumkan akan ikut program LCGC, mengingat mereka masih fokus untuk membangun jaringan di Tanah Air. Berstatus pemain baru di pasar mobil nasional dengan usia belum genap setahun, Tata Motors dikenal dengan produk mobil termurah sejagat, Tata Nano.
Meski begitu, adanya peraturan LCGC bakal menjadi peluang mereka untuk mendapatkan keuntungan, lantaran spefisikasi Tata Nano masuk dalam kriteria.
Nano dibekali mesin 624 cc, 2 silinder dengan tenaga 38 hp dan torsi puncak 48 Nm. Adapun konsumsi BBM-nya 25,4 km/liter. Mobil yang memiliki bobot 600 kg ini, memiliki kecepatan maksimal 105 km dan mengeluarkan gas buang emisi 92,7 gr/km. 


Quote:HONDA BRIO LCGC



Peraturan LCGC yang menyebutkan kriteria mobil murah mendapatkan insentif maksimal bermesin 1.200 cc, disambut positif Honda Prospect Motor (HPM) --agen tunggal pemegang merek Honda di Indonesia.
Sebelumnya, mereka memang berniat mundur dari program LCGC, jika kapasitas mesin yang dipatok maksimal 1.000 cc. Mereka beralasan, terlalu susah jika dipatok hanya bermesin 1.000 cc. "Mobil murah diharuskan hemat bahan bakar, tapi power juga diperlukan. Ini yang jadi polemik bagi kami," kata Direktur Marketing dan After Sales Honda Prospect Motor, Jonfis Fandi.
Rencananya mereka bakal menggunakan platform Brio dalam merancang mobil murah. Tapi, produsen asal Jepang itu tidak akan menggunakan nama Brio sebagai merek produknya. Mereka bakal menggunakan nama lain yang memiliki unsur Indonesia.
"Bukan pakai nama Brio. Peraturan LCGC kan harus nama Indonesia. Jadi, harus pakai nama lain yang lebih nasionalis," kata Jonfis.
Mobil murah Honda yang mengusung mesin berkapasitas 1.200 cc akan memiliki konsumsi BBM 1:20 dan 1:21 sesuai ketentuan regulasi.


Quote:SUZUKI (Wagon-R, Alto 800, dan A Star)
Spoilerfor suzuki wagon r

Spoilerfor Suzuki Alto 800

Spoilerfor suzuki A star


Suzuki memilih untuk tidak berkomentar banyak soal sosok mobil murahnya. Namun, ada beberapa kandidat yang dimiliki produsen berlambang S itu. Di India misalnya, ada beberapa model, di antaranya Alto 800, A Star, dan Wagon-R.
Bahkan, belum lama, Maruti Suzuki di India meluncurkan versi terbaru dari Alto 800 yang dibanderol 260.512 rupee atau sekitar Rp47 juta (versi terendah), dan untuk model tertingginya 377.174 rupee (Rp68,4 juta).
City car ini dibekali mesin bensin 796 cc, 3 silinder bertenaga 48 PS dan torsi 69 Nm. Konsumsi bahan bakar pun lebih irit 15 persen dari model sebelumnya, yang mencapai 22,7 km/liter.
Sementara itu, untuk pasar Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales pernah mengungkapkan, ada beberapa calon mobil murah yang akan diambil dari India. Tapi, mereka belum mau berbicara lebih detail.
Yang terbaru, Suzuki memperkenalkan Wagon-R di hajatan Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2013. Wagon R diproduksi Maruti India. Untuk dapur pacu, mengandalkan mesin berkapasitas 1.0 liter, 3 silinder yang menghasilkan 68 PS dan torsi 90 Nm. Mesin itu dikimpoikan dengan transmisi manual 5 percepatan.
Di India, Wagon-R memiliki 5 varian, termasuk yang menggunakan BBG (bahan bakar gas). Mobil lima penumpang itu dijual dengan harga 357.880 rupee atau sekitar Rp62 juta. 


Quote:MITSUBISHI MIRAGE


Mobil lain yang juga masuk kriteria LCGC adalah Mirage. Mobil kecil andalan Mitsubishi ini memiliki kapasitas mesin 1.193 cc tipe 3A92 3 In Line 12 Valve DOHC MIVEC. Dengan spesifikasi mesin tersebut Mitsubishi Mirage bisa bertanding dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.
Mitsubishi Mirage disokong mesin yang bisa melontarkan tenaga 77 Ps (57kW) pada 6.000 rpm dan torsi 10.2 kgm (100Nm) pada 4.000 rpm.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar